Tanjung Karang, Donggala

Day 5, Tanjung Karang

Hari minggu, tanggal 27 Desember 2009. Rencananya hari itu kita mo berangkat ke Tanjung Karang abis dari gereja pagi yang jam 6.30. Berhubung kata Lewi perjalanan ke Tanjung karang sekitar 2jam, jadi kita ngejar waktu sebelum matahari mulai terik...
Tapi ternyata kita baru kaget bangun jam 7, jadi terpaksa minggu itu kita skip ke gereja dech (so sorry, God...plissssss give us mercy..). Pagi itu walopun kita ga mandi dulu (kan mo langsung berenang begeto nyampe disana.. hehehehe ), tapi upacara ini itunya ternyata tetep aja 1 jam sendiri.

Sekilas tentang Tanjung karang, ada di kecamatan Donggala (yang mana menurut cerita orang sana, Donggala itu tadinya adalah ibukotanya, tapi entah kenapa, berubah jadi Palu ibukotanya). Memasuki daerah Donggala, Lewi harus extra ati-2 nyetir motornya, bukan karna jalanan yang licin ato karena tikungan yang tajam..., tapi karna disepanjang perjalanan itu, banyak banget om sapi sama tante kambing yang tiba-2 nyebrang geto aja...padahal kecepatan motor kita lagi 80-100km/jam..en banyak banget kupu-2 yang terpaksa harus melepas nyawa karna nabrak helm yang kita pake (ada satu daerah yang kita lewatin, disepanjang jalan itu penuh dengan kupu-2..padahal disepanjang jalan itu, sebelah kiri gw tebing, sebelah kanan laut. Darimana ya asal kupu-2 itu??).
Kalo gw perhatiin, sepanjang perjalalanan menuju Tanjung Karang, Donggala keliatan lebih keren dari Palu, udaranya sejuk, apalagi kalo pembangunan jalan lintas pantainya udah jadi, pasti keren abis tuch...

Sampe di Tanjung Karang, ternyata kita belum bisa masuk cottage, karna tamu sebelumnya belum check out. Jadi kita taro barang-2 kita di cottage sementara, abis itu kita langsung ke pantai buat snorkling.
Awalnya gw cuman berjemur aja dipinggir pantai, ngumpulin kerang-2an, moto-2in Lewi yang lagi asik snorkling, maen sama ombak dipinggir pantai..Gw ga mo ikutan snorkling, gara-2nya gw ga mo ngelepas softlense gw, en kacamata snorkling yg gw sewa kegedean, jadi airnya selalu masuk kedalam kacamatanya, gw takut nanti mata gw jadi infeksi gara-2 softlensenya kena air laut..
But then, waktu akhirnya gw tukeran kacamata renang sama Lewi, aseliiiiii....ketagihan gw...berenang sampe ketengah, sampe Lewinya panik sendiri manggilin gw tapi gw-nya ga denger, bahkan sampe ga inget waktu, tau-2 udah jam 14.00 WIB aje..





 
 
 

Selain sukses menggosongkan kulit, perut juga mulai berasa perih karna kelaperan...Tapi sebelum balik ke cottage, kita kekeuh harus naek perahu dulu untuk keliling pantai...
Sayangnya disana ga ada banana boat en water sport lainnya, kalo ga...dijamin kita pasti ga inget buat balik ke cottage :D

 
 
 

Baru aja nyampe di cottage, ga ada 5 menit, belum sempet ngapa-2in, petugas restoran nganterin menu makan siang kita.. Taaraaaaaaaaa.............



gw sama Lewi sama-2 melotot ngeliat lauk sebanyak itu.. Kita sempet konfirmasi lagi kepihak cottage, kalo kita cuman berdua, tapi teryata emank paket makan siang yang disedian dari cottage emang seperti itu : ikan kerapu bakar, kaledo, mie goreng, sayur bunga pepaya en es buah....MANTAAAAAAFFFFFFFF!!!!!!
Sambil liat-2an, senyum-2 sendiri, kita mulai menyantap semuanya...lebih tepatnya, Lewi memulai acara makan siang itu dengan nyuapin gw pake ikan kerapu bakarnya. Fyi, kaledonya gw sendirian yang ngabisin (enak dech...dagingnya empuk, terus kuahnya berasa banget kaldu sapinya) hehehe...doyan ato maruk ya??
Oia, disini gw mulai notice, kalo setiap mesen makanan apapun di Palu, pasti ada mie-nya. Baik itu di nasi kuning, nasi goreng yang ga enak itu (pake sop su-un)..

Abis makan, baru kita bisa pindah ke cottage kita..

en inilah view dari depan cottage kita...

 

Basicly, secara keseluruhan Tanjung Karang dah sempurna banget untuk melengkapi perjalanan bulan madu kita, tapi...sayangnya gw bukan type orang yang menyenangi hidup dalam kesunyian..
Jadi gw mulai ngerasa ga betah waktu malam tiba, dimana hampir semua pengunjung udah meninggalkan pantai, en tamu yang stay hanya tinggal gw berdua Lewi + orang bule di cottage yang cukup jauh lokasinya dari tempat kita..
Hanya mendengarkan bunyi ombak en suara jangkrik cukup membuat gw bosan..tapi karena cuaca juga lagi gerimis mengundang, kita juga ga bisa kemana-2...
Akhirnya gw sama Lewi terdampar di cafe bar, menikmati menu makan malam kita yang ga jauh-2 dari ikan lagi, sambil nonton tipi!!
Saat itu gw langsung kepikiran, untungnya gw dah nyuruh Lewi cancel rencana kita inap disana selama 3 hari, kalo ga gw bisa mati kutu, ga bisa ngapa-2in selain makan - berenang - makan lagi!!

Keesokan paginya, pagi-2 Lewi dah sibuk nyari objek foto di laut..en dia senenk banget waktu berhasil motret bintang laut yang ukurannya lumajan gedes...Tadinya mo dibawa pulang sama Lewi, ternyata bintang lautnya masih idup..




sedangkan gw, berhubung udah cukup gosonk karena berenang seharian, jadi pagi itu gw cuman duduk manis (setengah kelaperan) dipinggir cottage, sambil nunggu menu sarapan kita dateng (ga jauh-2 dari nasi kuning pastinya)


Setelah Lewi dah puass maen di laut en foto-2 bintang lautnya, kita breakfast terus langsung cabut...pulang ke rumah..





Bubyeeee Tanjung Karang...sampe ketemu lagi, kalo Lewi jadi dinas di Palu ya...Kalo enggak, yach....berarti gw cukup punya kenangan ini ajah....


Day 6, Palu

Pulang dari Tanjung Karang, kita berdua teparrrr....ketiduran sampe jam 3 sore..Bangun-2 gw pengen banget ngopi..Sebelumnya Lewi dah pernah cerita kalo di Palu itu ga ada Starbucks adanya Starlucks, en gw penasaran banget sama tempat itu..
So sore itu kita ke mall (cuman ada 1 mall di Palu, yaitu Ramayana), selain mo liat penampakannya si Starlucks, kita juga harus beli perlengkapan rumah-2annya Lewi yang udah di list beberapa hari yang lalu..

sayang sekali, hari itu gw kurang beruntung...tempat ngopi yang mirip banget sama Starbucks itu teryata tutup, en hanya ada 2 tempat ngopi di mall itu, yang satunya lagi rame banget (keliatannya si enak, tapi karna begitu masuk tempatnya yang kecium hanya bau asap rokok aja, so gw mengurungkan niat gw untuk ngopi disana). Yang gw bingung, kenapa mallnya panas banget yak? ACnya ga berasa dingin sama sekali, gw sampe ngipas-2 selama belanja di supermarketnya..

Selesei belanja, kita mampir beli ayam goreng di Joko I (nama tempatnya sebetulnya Estu, tapi ga tau kenapa temen-2nya Lewi nyebutnya itu Joko I. En ternyata ada lagi sebutan Joko II dst.. Setelah gw selikidi, ternyata di Palu itu, hampir semua tempat makan tenda yang jual ayam goreng, pecel lele dan kawan-2nya itu pake nama Joko - Surabaya. Jadi, untuk mempermudah, daripada mereka nyebut nama tempat makannya kepanjangan, seperti: makan di Joko yang di jalan ......" mereka nyebutnya Joko I, Joko II dst...
Oia, selain itu....menyambung postingan gw sebelumnya, yang Lewi selalu nyariin tempat makan yang paling bersih di Palu? Maksudnya bersih disini, bukannya bersih dalam artian RM nya kinclong, ga berdebu dsb, melainkan banyak ato sedikitnya lalat di RM tersebut!!!
Di hari ke 6 gw baru sadar, itupun karna gw sempet nanya ke temen-2nya Lewi, di Palu itu terkenal apanya ya? en jawab mereka adalah lalat!!! Yup, di Palu lalatnya ga nahan buanyaknya!! Mau lo makan di resto yang mahal sekalipun, tetep aja lo pasti dilaletin..Hal ini ternyata karna sistem pembuangan sampah di Palu belum bagus, terbukti dari berapa hari gw tinggal di rumahnya Lewi, belum pernah gw liat ada truk ato tukang sampah yang lewat buat ambil sampah-2 yang udah numpuk di halaman itu, untungnya Lewi dan tetangga-2 selalu punya inisiatif buat ngebakar sampah-2 yang mulai numpuk itu..

Abis makan, kita packing-2 lagi, karna besoknya kita mo nginap di swiss-belHotel...Yeaaaaaay....we're so exciting....

No comments: