Palu - Salena 2009

Day 3, Palu

Kegiatan di sepanjang tanggal 25 Desember 2009 adalah barbekyuan sekalian silaturahmi mengunjungi boss en rekan-2 kerjanya Lewi.
Ada tradisi unik yang gw sukain disini yang sebetulnya di Jakarta dulunya juga ada, tapi lama kelamaan udah mulai luntur. Jadi..., setiap Natalan en mungkin berlaku juga waktu Lebaran, setiap warga sana (khususnya anak-2) bisa dari RT maupun RW yang berbeda, datang mengunjungi rumah-2 orang yang merayakan Natal, untuk ngucapin selamat Natal, terus anak-2 itu disambut sama empunya rumah dengan kue-2 kering, kue tart en soft drink, ada juga yang udah khusus nyiapin film anak-2, jadi mereka bisa sekalian nonton disana..Ato kadang-2 ada empunya rumah yang inisiatif nyiapin uang seribuan buat dibagi-2 ke anak-2 itu, en biasanya...kalo mereka dapet angpao itu, mereka bisa balik lagi ke rumah tersebut sampe 3x dalam sehari beserta rombongan anak-2 lainnya. :)   

Oia, berhubung malem itu gw menolak waktu diajak makan malam dirumah salah satu rekan kerjanya Lewi, jadi gw sama Lewi hunting makanan, sambil menjajal tempat-2 makanan baru untuk dijadiin tempat rekomendasi Lewi berikutnya..
Ada satu resto yang kita lewatin (gw ga mo nyebutin namanya disini, takutnya nanti kayak kasusnya Prita lagi) dibandingkan dengan RM lainnya yang cenderung tutup di hari libur or sepi, resto ini lumayan rame...So, berhentilah kita disitu..
Pas mbak-2nya nyodorin buku menu yang kemasannya lumayan bagus en lumayan tebel (model kayu en cukup berat juga tuch buku), gw sambil clingak-clinguk...merhatiin orang-2 disekitar gw kebanyakan mesennya apa yak?
Terus pas gw buka buku menunya, ternyata dari buku yang tebelnya kayak buku skripsi itu (halaaaaah...mulai dech lebaynya), pilihan menunya cuman ada nasi kuning (udah pasti lah yauw...), nasi goreng ini-itu, nasi uduk ayam goreng, bakso, es pisang ijo en minuman-2 standart restoran lainnya..Sisannya, hampir 10 halaman lebih isinya cuman testimoni en sedikit foto-2 dari artis-2 ibukota yang pernah makan disana...
Okelah kalo begeto...minimal dari komentarnya artis-2 itu, makan di resto itu enak..So, pesenlah gw nasi goreng ala "resto" tersebut, sedangkan Lewi pesen nasi uduk ayam goreng.
Setelah nunggu sekitar 15 menit, pesenan kita dateng...Nasi goreng ala "resto" itu (yang harganya sedikit lebih mahal dibandingkan harga nasi goreng lainnya yang tertulis di buku menu), disajikan di atas telur dadar yang tipisnya minta ampuuuuuuun, sama ada suwiran ayam yang bisa gw itung berapa potong suwiran di atasnya + dapet sop su-un (ga ngerti kombinasinya gimana, masa nasi goreng pake sop su-un????), sedangkan pesenannya Lewi standart hanya nasi udduk pake ayam goreng lengkap dengan lalap en sambalnya.

Sendokan pertama, hmmmm....nothing special dengan nasi goreng ini, bahkan kalo boleh jujur, enakan nasi goreng tek-2 langganan gw yang selalu lewat depan rumah...
Sendokan kedua, hmmmm....untuk nasi goreng yang rasanya pas2an ini, en ayamnya perlu di ubek-2 dulu baru ketemu + telur dadar yang extra tipis sampe ga berasa ada telurnya sama sekali, koq bisa-2nya ini resto ngasih harga Rp.25.000,- belum termasuk tax (ketawan gw makan nasi gorengnya Solaria)..
Sendokan ketiga, hmmmm....apa yang bikin restoran ini rame ya? Bahkan sampe ada koment-2 dari artis segala..Then suddenly gw baru ngeh, dari smua testimonial yang gw baca di buku menunya, hampir semua artis-2 itu muji es pisang hejonya, bukan makannya..Ulasan tentang makanannya hanya berkisar soal kehalalannya aja... (cuapeeeeeek dech!!!!!)
So...gw STOP di suapan ke 4 en kemudian tukeran menu sama Lewi..

Day 4, Salena

Hari ke 4, tanggal 26 Desember 2009, kegiatan hari itu selain masih seputar makan gratis bersama rekan-2 kerjanya Lewi, kita pergi ke salah satu tempat (desa) pelayanannya Lewi selama di Palu, nama daerahnya Salena..





 

 

 

 

 

Pulang dari Salena, kita mampir ke swiss-belHotel di Silae buat booking kamar untuk tanggal 29 Desembernya, abis itu kita mampir ke pantai Talise, buat makan Duren (variasi harga mulai dari 5rb, 17,5rb sampe 25rb)


 

Sorenya, masih seperti kemarin, melanjuti tour ke rumah-2 rekan kerjanya Lewi.. Mulai dari P. Erwin, Bang Tommy en Ibu Hostia..
Di rumahnya Ibu Hostia, gw makan kenyank bangeeeeet..., secara dia masak sop brenebonnya enak banget (kuahnya kentel en berasa banget kaldu B2nya), maklum....dah 5 hari tidak merasakan nikmatnya masakan rumah...

Pulang dari tempatnya Ibu Hostia, kita (gw en Lewi beserta temen-2nya Lewi) hunting duren lagi di pantai Talise, abis itu gabung sama Bang Tommy di pantai sebelah buat makan jagung bakar + susu jahe...

 

Pulang-2, karena kekenyangan gw jadi ga bisa tidur..miring ke kiri salah, miring ke kanan salah..Alhasil gw packing baju-2 yang mo di bawa ke tanjung karang besok paginya, sampe jam 1 pagi..:D

No comments: